Ternyata Ini Manfaat Lain Dari Bawang Merah yang Bisa Kamu Rasakan

Gambar bawang merah Gambar bawang merah

Bawang merah (red onion) adalah bahan dapur yang sering digunakan dalam memasak masakan Indonesia maupun masakan dari berbagai negara lainnya. Rasa gurih akan semakin terasa apabila dalam masakan ditambahkan bawang merah. Disamping itu dengan bawang merah maka akan menambah aroma yang kuat dari masakan. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Bawang merah dapat digunakan dalam berbagai macam masakan, seperti sup, sambal, saus, dan masakan lainnya.

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh

Bawang merah merupakan salah satu jenis bahan dapur yang sering digunakan dalam memasak masakan Indonesia maupun masakan dari berbagai negara lainnya. Selain rasanya yang gurih dan manis, bawang merah juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh:

  • Mencegah Penyakit Jantung, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Allicin juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah.
  • Mencegah Penyakit Diabetes, Bawang merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan, Bawang merah mengandung prebiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Mencegah Kanker, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Quercetin juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus, paru-paru, dan payudara.
  • Menjaga Kesehatan Otak, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut S-allylcysteine, yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer. S-allylcysteine juga dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke.
  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Alliin dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan mengurangi risiko terkena infeksi mulut.
  • Menjaga Kesehatan Kulit, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Quercetin juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Mencegah Anemia, Bawang merah mengandung zat besi, yang dapat membantu mencegah anemia. Anemia adalah keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Zat besi juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Tulang, Bawang merah mengandung kalsium, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga dapat membantu mencegah osteoporosis, yaitu penyakit tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Bawang merah mengandung vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan penyakit-penyakit lainnya.
  • Menjaga Kesehatan Rambut, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut sulfur, yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Sulfur juga dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur, Bawang merah mengandung senyawa yang disebut melatonin, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Melatonin juga dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental.

Fungsi Dan Manfaat Bawang Merah Selain Dikonsumsi

Untuk menghilangkan bakteri di ruangan dan menjaga kelembaban dengan menggunakan bawang merah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Potong bawang merah menjadi potongan-potongan kecil, kemudian tempatkan di beberapa tempat di ruangan. Bawang merah akan mengeluarkan aroma yang kuat yang dapat membunuh bakteri di ruangan, serta menjaga kelembaban di ruangan.
  2. Rebus bawang merah dalam air, kemudian tuangkan air yang sudah dididihkan tersebut ke dalam wadah. Letakkan wadah tersebut di tempat-tempat di ruangan yang terasa bau tidak sedap atau kurang lembab.
  3. Buat ramuan dengan mencampur bawang merah, cengkeh, dan daun cumin. Kemudian, panaskan ramuan tersebut hingga mengeluarkan aroma yang kuat. Letakkan ramuan tersebut di tempat-tempat di ruangan yang terasa bau tidak sedap atau kurang lembab.
  4. Buat ramuan dengan mencampur bawang merah, lemon, dan air. Kemudian, tuangkan ramuan tersebut ke dalam atomizer dan semprotkan di ruangan yang terasa bau tidak sedap atau kurang lembab.

Bawang merah memang dapat membantu menghilangkan bakteri di ruangan, terutama bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Namun, bawang merah tidak dapat membunuh virus di ruangan. Untuk membunuh virus di ruangan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Menjaga kebersihan ruangan dengan rutin menyapu, mengepel, dan mengelap permukaan-permukaan yang terkena sentuhan tangan.
  2. Menjaga kelembaban ruangan di tingkat yang tepat, yaitu antara 40-60%. Kelembaban yang tinggi dapat membantu memperlambat pertumbuhan virus di ruangan.
  3. Menggunakan produk pembersih yang mengandung alkohol atau desinfektan untuk membersihkan permukaan-permukaan yang terkena sentuhan tangan.
  4. Menjaga ventilasi ruangan dengan membuka jendela atau menggunakan AC dengan filter HEPA yang dapat menyaring partikel-partikel kecil, termasuk virus.

Itulah manfaat bawang merah yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.