Ternyata Ini Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Anda

gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab oli bocor pada mobil matic gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab oli bocor pada mobil matic

Ternyata Ini Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Anda

Oli bocor pada mobil matic merupakan salah satu masalah paling umum dan yang paling sering ditemukan. Tentunya anda perlu tahu sebabnya. Memang bukan sesuatu yang sangat penting namun jika dibiarkan berlarut-larut tentunya akan mengganggu produktivitas anda. Belum lagi anda harus merogoh uang yang banyak untuk mengganti transmisi mobil matic. Mengingat transmisi matic cukup mahal di pasaran.  

Oleh karena itu anda perlu tahu juga bagaimana bentuk dan warna oli transmisi. Karena warna oli transmisi dan oli mesin mobil berbeda. Jangan anda sampai salah membedakan ya.

  • Bentuk Kebocoran Oli Transmisi Mobil Matic

Kemungkinan oli mesin yang bocor bukan oli transmisi, inilah sebabnya kita perlu tahu seperti apa bentuk oli transmisi sesungguhnya. Jangan sampai salah diagnosa ya. Oli transmisi yang bocor biasanya berbeda warna dengan oli mesin bocor, jika oli mesin mobil cenderung berwarna gelap dan berminyak, oli transmisi matic cenderung berwarna merah dan lebih cair, namun tidak lebih cair dari oli rem mobil atau oli mesin mobil.

Untuk mengetahui lebih jelas apakah benar ada kebocoran oli pada mobil matic, ketahui dulu letak atau posisi blok mesin dan transmisi anda. Lebih lengkap bisa anda cek di buku manual mobil anda yang biasanya terletak di laci dashboard mobil anda atau di kantung belakang jok penumpang depan.

Setelah anda tahu posisi blok mesin dan transmisi maticnya, sekarang siapkan kertas Koran atau kain lap berwarna terang dan letakkan di bawah transmisi matic. Pastikan kertas Koran atau kain lap tidak terbang ditiup angin ya. Lalu tunggu beberapa jam sebelum anda menghidupkan mobil matic anda. Cek apakah warnanya merah dan menetes.

Bentuk kebocoran oli transmisi paling lazim ditemukan pada mobil matic adalah biasanya mobil mengalami masalah saat dijalankan, terutama mobil terasa seperti menyeruduk atau dut-dutan saat kecepatan menurun dan mobil tidak dapat jalan walaupun tuas transmisi sudah dalam posisi D.

  • Penyebab Oli Bocor Pada Mesin Matic

Ketika anda sudah yakin bahwa yang bocor memang oli transmisi bukan oli rem atau oli mesin, hal selanjutnya yang harus anda lakukan mengetahui penyebab oli bocor pada mobil matic. Jika anda sudah tahu penyebabnya akan sangat mudah anda memperbaiki di bengkel sehingga tidak dikerjai oleh montir nakal.

  1. Seal Transmisi Matic Sudah Jebol atau Getas

Salah satu alasan kebocoran oli transmisi matic adalah segel transmisi yang sudah aus. Segel transmisi yang aus memang seringkali menjadi penyebab oli transmisi bocor dan merembes ke bawah.

 Seiring berjalannya waktu penggunaan mobil matic di jalanan dapat mengurangi masa pemakaian segel atau seal transmisi. Apalagi ditambah dengan adanya lepasan batu aspal maupun debu jalanan serta panas aspal yang bisa membuat seal karet transmisi matic menjadi getas dan keras sehingga adanya celah yang menyebabkan oli transmisi bocor.

  1. Torsi Konverter Retak atau Pecah

Penyebab lainnya mengapa oli bocor, bisa karena torsi konverter pada mobil matic. Pada torsi konverter ini terdapat pompa hidrolik yang fungsinya menghasilkan tekanan dalam transmisi. Kemudian tekanan ini mendistribusikan oli transmisi ke seluruh sistem. Jika ada celah sedikit saja di bagian torsi konverter ini maka oli transmisi akan merembes dan bocor.

  1. Transmisi Gasket Tidak Pas atau Sudah Usang

Transmisi Gasket terdiri dari baut-baut kecil, jika baut-baut ini pecah karena anda terlalu sering menghajar lubang dalam di jalanan atau sudah lama tidak diganti bisa menyebabkan oli transmisi matic pada mobil anda berkurang. Oli transmisi pada mobil matic adalah nyawa mobil itu sendiri, jika berkurang sedikit saja bisa mempengaruhi seluruh komponen mobil matic. Jadi pastikan baut-baut ini rapat dan baru. Jangan sepelekan masalah baut ini ya, apalagi kalau sampai hilang di tengah jalan. Anda harus segera menggantinya ya.

Itulah beberapa penyebab oli bocor pada mobil matic anda. Jika ada satu saja atau lebih tanda-tanda di atas jangan sungkan untuk membawa mobil anda ke bengkel resmi ya. Demi keselamatan anda dan umur si mobil juga.