breaking news New

Kamu Pecinta Sate? Nikmati 3 Sate Khas Lombok Yang Ga Boleh Dilewatin!

Sate adalah makanan khas Indonesia yang seringkali dijumpai di berbagai daerah dan menjadi cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara. Cita rasanya yang khas berpadu sempurna di dalam mulut, cocok untuk disantap oleh setiap lidah di dunia. Beberapa kali selebritis mancanegara juga menyebutkan “Sate” sebagai makanan kesukaannya.

Selain lezat, makanan ini juga menciptakan aroma yang sangat menggoda dan menggugah selera sehingga tidak heran apabila banyak orang tergiur dengan makanan yang satu ini. Sate tidak pernah mengecewakan siapapun yang mencicipinya, karna rasa yang kaya dan mengenyangkan karena bisa dimakan dengan lontong ataupun nasi putih hangat.

Bagi kamu para pecinta sate, kamu perlu mencoba 3 sate khas Lombok yang lezat dan ga boleh kamu lewatin gitu aja.

1. Sate Bulayak

Sate yang satu ini memiliki cita rasa yang beragam mulai dari asin, manis, pedas, hingga gurih yang berpadu sempurna. Sate khas Lombok ini biasanya dibuat menggunakan daging sapi, daging ayam, ataupun jeroan. Sebagian besar penjual Sate Bulayak menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Satu porsi Sate ini terdiri dari berbagai macam bahan yang diolah dengan baik, mulai dari santan, kelapa tua, jeruk nipis, gula merah, bulayak, kacang tanah, merica, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah. Bumbu dari Sate Bulayak cukup mirip dengan bumbu kari. Setelah diolah, Sate dapat dinikmati dengan lontong berbentuk panjang yang menyerupai lemper. Bumbu kacang yang lezat, santan yang gurih, dan daging yang lembut membuat makanan ini sangat nikmat untuk disantap kapan saja.

2. Sate Pasar Senin Senggigi

Makanan yang satu ini berada di kawasan Pasar Senin Senggigi dimana kamu dapat menemukannya di Lombok. Sate Pasar Senin Senggigi ini menciptakan cita rasa yang unik dan cukup berbeda dibandingkan dengan sate lainnya.

Sate ini terbuat dari daging ikan dan daging sapi yang sangat lembut dan lezat, sehingga tidak heran apabila selalu ramai dengan pengunjung. Sate yang satu ini memiliki bumbu rempah yang khas dan terasa manis, asin, gurih, dan pedas yang terasa sangat lezat. Biasanya sate ini dihidangkan bersamaan dengan urap, kuah santan berwarna kuning, dan lontong.

3. Sate Ikan Tanjung

Sate ini berasal dari Tanjung di Lombok Utara, dimana kamu pasti menyukainya sejak gigitan pertama. Sate ini cukup unik karena menggunakan daging ikan kerapu, ikan cakalang, atau ikan apapun yang bisa dijadikan sate. Apakah kamu penasaran dengan rasanya?

Sate Ikan Tanjung berbentuk mirip dengan sate lilit, dimana bumbunya terbuat dari jahe, cabai merah, cabai rawit, terasi, bawang putih, bawang merah, garam, santan, ketumbar, dan gula.


Itu dia berbagai macam sate khas Lombok yang wajib kamu coba dan jangan sampai kamu lewatkan, karena cita rasa yang khas membuat kamu ketagihan dibuatnya!