Begini Cara Menggunakan Tiktok Untuk Promosi Bisnis Online Anda

gambar tersebut menyebutkan cara promosi di aplikasi tiktok gambar tersebut menyebutkan cara promosi di aplikasi tiktok

Begini Cara Menggunakan Tiktok Untuk Promosi Bisnis Online Anda

Tahukah Anda aplikasi TikTok untuk promosi ini menjadi media untuk meningkatkan interaksi dan penjualan produk bisnis online? Baru-baru ini, aplikasi TikTok ini viral karena banyak konten kreator yang berkreasi menggunakan aplikasi lipsing video ini.

Di Indonesia sendiri, sekitar 10 juta lebih pengguna aktif dari aplikasi TikTok. Sehingga, pengelola aplikasi ini menyediakan fitur iklan berbayar berupa TikTok Ads. TikTok Ads merupakan fitur iklan berbayar yang berguna untuk memasarkan produk-produk dari pengiklan.

Jadi, aplikasi TikTok akan menampilkan iklan di beberapa video dari konten kreator. Sehingga, iklan TikTok Ads ini mirip dengan iklan dari Youtube Ads. Hanya saja, beriklan melalui aplikasi TikTok ini dirasa lebih “murah” dibandingkan dengan platform lain.

Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Promosi Bisnis Online yang Anda Rintis

Semenjak viralnya aplikasi TikTok. Kini, pengelola aplikasi tersebut menambahkan fitur penayangan iklan bisnis online. Sebab, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Sehingga, beriklan melalui aplikasi TikTok menjadi langkah jitu untuk membangun interaksi dengan customer. Dan berguna untuk meningkatkan traffic penjualan. Untuk itu, ini dia cara menggunakan aplikasi TikTok untuk promosi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Silahkan Membuat Akun TikTok Terlebih Dahulu

Pertama, Anda wajib memiliki akun TikTok terlebih dahulu. Silahkan Anda download di Google Playstore ataupun App Store. Kemudian, registrasi akun TikTok sebelum login.

  1. Pilih TikTok Ad Campaign

Kemudian, pilih TikTok Ad Campaign pada menu dashboard. Kemudian, pilih tujuan beriklan. Ada 3 opsi tujuan beriklan, yakni meningkatkan lalu lintas, konversi, dan pemasangan aplikasi.

 

  1. Menetapkan Anggaran Beriklan

Setelah menetapkan tujuan beriklan melalui aplikasi TikTok. Maka, Anda harus menetapkan anggaran untuk iklan. Silahkan pilih anggaran harian atau total anggaran di bagian pengaturan. Minimal anggaran beriklan melalui TikTok ini sekitar $ 500.

  1. Atur Target Audiens, Lokasi Penempatan, dan Detail Iklan

Lalu, Anda harus mengatur target audiens terlebih dahulu. Silahkan masukkan target penonton iklan TikTok Anda. Kemudian, atur lokasi penempatan. Apabila Anda bingung menentukan lokasi penempatan. Maka, pilih penempatan otomatis. Kemudian, masukkan detail iklan. Detail iklan ini meliputi pemilihan hastag dan kata kunci iklan video Tiktok untuk promosi.

  1. Mengontrol Pengeluaran Biaya Iklan dan Durasi Iklan

Biaya iklan melalui aplikasi TikTok ini memang cukup mahal. Sehingga, Adnda wajib mengontrol pengeluaran biaya iklan. Anda dapat memilih anggaran biaya iklan harian minimal sekitar $20 atau sekitar Rp. 280.000 per hari.

Setelah itu, atur durasi iklan penayang pada aplikasi TikTok. Anda dapat memilih durasi penayangan hanya untuk satu hari, satu minggu, atau bahkan satu bulan. Durasi penayangan iklan pada aplikasi TikTok ini tergantung pada kebutuhan bisnis online Anda sendiri.

  1. Mendesain Iklan Melalui Aplikasi TikTok

Setelah iklan TikTok telah Anda siapkan. Maka, Anda harus mendesain iklan bisnis online melalui aplikasi TikTok. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi Video Creation Kit untuk menarik perhatian pengguna TikTok.

Setelah itu, Anda juga dapat menggunakan template yang telah disediakan guna membuat video iklan TikTok untuk promosi. Semakin menarik video iklan yang Anda tayangkan. Maka, semakin banyak pula pengguna TikTok tertarik dengan video iklan yang Anda buat.

  1. Klik Submit Iklan

Apabila video iklan telah Anda upload. Silahkan klik submit iklan. TikTok akan mereview terlebih dahulu video iklan yang Anda buat. Apabila telah memenuhi syarat. Maka, TikTok akan menayangkan iklan Anda.

Seberapa Efektifkan Menayangkan video iklan TikTok untuk Promosi ?

Mungkin banyak pelaku bisnis online ini mempertanyakan seberapa efektifkah beriklan melalui TikTok ? Apakah beriklan melalui TikTok ini lebih efektif dibandingkan dengan Youtube Ads, Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads ? Mengingat, biaya iklan melalui TikTok ini cukup mahal.

Nah, menggunakan TikTok untuk promosi ini dirasa tepat untuk Anda yang memasarkan produk untuk anak-anak muda. Sebab, pengguna aplikasi TikTok ini didominasi oleh para kaum millennial. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan jenis produk yang Anda jual dengan platform tempat Anda memasang iklan digital.

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh kaum millennial di Indonesia. Tercatat, lebih dari 10 juta pengguna smartphone memiliki aplikasi tersebut. Beberapa pelaku bisnis memilih untuk memasang iklan melalui TikTok guna meningkatkan interaksi dan penjualan produk. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu fungsi dari aplikasi TikTok untuk promosi.